Tuesday 17 June 2014

PENGERTIAN SQLite

Pengertian SQLite
SQLite itu merupakan sebuah Database yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp. SQLite adalah sebuah open source database yang telah ada cukup lama, cukup stabil, dan sangat terkenal pada perangkat kecil, termasuk Android. Android menyediakan database relasional yang ringan untuk setiap aplikasi menggunakan SQLite. Aplikasi dapat mengambil keuntungan dari itu untuk mengatur relational database engine untuk menyimpan data secara aman dan efiesien. Untuk Android, SQLite dijadikan satu di dalam Android runtime, sehingga setiap aplikasi Android dapat membuat basis data SQLite. Karena SQLite menggunakan antarmuka SQL, cukup mudah untuk digunakan orang orang dengan pengalaman lain yang berbasis databases. Terdapat beberapa alasan mengapa SQLite sangat cocok untuk pengembangan aplikasi Android, yaitu:
Database dengan konfigurasi nol. Artinya tidak ada konfigurasi database untuk para developer. Ini membuatnya relatif mudah digunakan. Tidak memiliki server. Tidak ada proses database SQLite yang berjalan. Pada dasarnya satu set libraries menyediakan fungsionalitas database. Single-file database. Ini membuat keamanan database secara langsung. Open source. Hal ini membuat developer mudah dalam pengembangan aplikasi.

Contoh produk apa saja yang memekai SQLite?
PHP, Firefox, Chrome, iPhone dan Android adalah contoh produk yang menggunakan SQlite. di Browser firefox, Sqlite dipakai untuk menyimpan konfigurasi, bookmark dan history website sedangkan di smartphone android, SQLite dipakai untuk menyimpan contact. Contoh penggunaan lain bisa dilihat di http://www.sqlite.org/famous.html.

lisensi SQlite?
SQLite adalah produk public domain. Artinya tidak punya lisensi, anda boleh mengambil binary atau source codenya secara free / GRATIS membuat produk komersial menggunakan SQLite?
Anda boleh membuat software dengan lisensi suka suka anda.  Anda boleh mengopensourcekan atau mengkomersialkan itu bebas anda lakukan.

Tipe data yang didukung di SQLite :
Numeric ( integer , float , double)
Text ( Char , varchar , text )
DATETIME
 BLOB.

Untuk mendapatkan SQLite :
Anda bisa mendownloadnya di http://www.sqlite.org.

OS yang didukung oleh SQLite :
SQLite mendukung semua platform. Anda bebas memilih OS, mau pakai Windows, Linux, Mac OSX bahkan Android dan iPhone.

kesulitan menggunakan SQLite menggunakan Commandline, apakah ada too  berbasis web atau desktop untuk mengelola database SQLite?
Tool yang cukup populer adalah SQLite manager. SQLite manager adalah plugin Firefox, sedangkan tool berbasis web adalah SQLiteManager  yang dibuat dengan PHP dan bisa menggunakan Navicat


No comments:

Post a Comment